Connect with us

Komik

Komik Superyoss, Sebuah Peninggalan Semangat

Published

on

Halaman ini dipersembahkan bagi sahabat saya alm Yosafat Agus Suryono, seorang superhero di dunia nyata yang dicintai orang-orang yang mengenalnya. Pak Yos, saya memanggilnya, adalah seorang biasa yang selalu memberi lebih dari banyak kekurangannya. Sering ia diledek bahkan dilecehkan, tapi ia tetap mencintai. Karena itulah ketika 8 Juli 2019 lalu ia dipanggil Tuhan, orang-orang yang pernah merasakan semangatnya tersentak dan berkabung. Timeline medsos dipenuhi ucapan bela sungkawa.

Pak Yos ialah seorang penggiat komunitas yang aktif, terutama komunitas yang berhubungan dengan superhero. Ia terkenal lucu, riang, yang dengan “keanehan”-nya menghibur banyak orang. Tak jarang ia menasehati, memberikan semangat, dan inspirasi bagi teman-temannya. Ia pun punya dedikasi tinggi dalam memajukan “persuperheroan” Indonesia, entah apalah itu artinya. Dari mulai senang mengumpulkan pernak-pernik superhero sampai berangan-angan mendirikan sebuah museum superhero. Ia juga menciptakan sebuah karakter superhero berdasarkan dirinya sendiri, dengan kostum seadanya, yang ia namai Superyoss.

Suatu kali, Pak Yos mengemukakan keinginannya untuk Superyoss hadir dalam bentuk komik. Tentu saja sayapun sangat antusias. Dan saya mengusulkan untuk Pak Yos sendiri yang menggambar komiknya, dengan begitu komiknya akan terasa personal, sekalipun ia bukanlah seorang yang jago gambar, bahkan ia mengakui tidak bisa menggambar.

Percakapan terakhir saya dengan Pak Yos soal komiknya.

Rencana itu pun mulai dijajaki, ia menyicil menggambar halaman demi halaman. Saya bertugas untuk menyusunnya menjadi komik dan berencana untuk mencetaknya. Tapi sayangnya, baru chapter 1 selesai (hanya 4 halaman) Pak Yos dikabarkan sakit dan tidak bisa meneruskan menggambar. Rencana komik itupun terhenti.

Acara Tutup Peti

Kini, Pak Yos telah tiada, sebagai tribut bagi dia, 4 halaman hasil jerih payahnya saya muat disini, agar teman-teman dan orang yang mengenalnya bisa membaca, mengenang dan melihat semangatnya lewat komik sederhana ini.

Terimakasih untuk Tosan Priyonggo seorang ilustrator yang telah membantu membuatkan covernya.

Selamat membaca.

So long, my friend…

Continue Reading
Click to comment